Download

Tuesday, April 9, 2013

Perilaku Siswa dengan Organisasinya

Organisasi di suatu sekolah beraneka ragam macam dan bentuknya, mulai dari Organisasi, Komunitas, Club, Hobi dll. Tujuan tersebut diatas memang baik, Beberapa hal yang saya temui disekolah, karena beberapa organisasi didukung oleh suku dinas kota administrasi dan dinas pendidikan Provinsi, maka sekolah pun sebagai media untuk pembelajaran mendukung juga. 

Organisasi yang paling di minati adalah OSIS, Paskibra, Pramuka, PMR, Kesenian, English Club, Pencinta Alam, dll. Mayoritas siswa yang memilih organisasi diatas adalah siswa aktiv yang gemar dengan kaitannya organisasi tersebut. Ada beberapa sekolah yang memaksa siswa untuk aktiv atau bergabung dalam organisasi tertentu, sebut saja paskibra yang mengharuskan menjadi petugas upacara hari Senin maupun hari nasioanal. Pramuka yang memang syarat nasional setiap sekolah harus ada pramuka, jika tidak akan ditutup sekolahnya dan sebagainya.

Dengan demikian hanya sekitar 60% siswa dari setiap keanggotannya aktiv dan eksis, dikarenakan siswa tersebut pada awalnya bukan ikhlas terpanggil untuk menjadi anggota tetapi terpaksa, Nah itu yang menyebabkan siswa tidak mampu bertahan di setiap organisasi sehingga selalu saja jumlah anggota berkurang, terlebih organisasi tersebut tidak memiliki program dan pelatih yang menunjang latihan berjalan dengan baik.

Ada beberapa siswa yang ikut organisasi sekolah sebab ingin menghindar dari pekerjaan rumah, seperti membantu ibu/bapak dan juga bagi mereka yang terlalu over aktiv dalam organisasi apabila saat ada undangan untuk keluar kota sering ikut, maka prestasi disekolah pun tidak dengan hasil yang bagus.
Organisasi sangat baik untuk melatih siswa menjadi dewasa, meningkatkan kemampuannya dalam berorganisasi, bersosial dan kerjasama, Karena kebanyakan orang yang berhasil mereka yang memiliki kisah dan masa berorganisasi saat sekolah.

No comments:

Post a Comment